Senin, 17 Desember 2012

Cara Mengasah Otak Kanan

Mungkin dalam kehidupan sehari-hari kita hampir selalu menggunakan kemampuan otak kiri, tentunya berkenaan dengan pola pikir yang logis. Padahal dibalik itu semua fakta lain yang terjadi adalah kesuksesan seseorang yang ternyata terbukti dipengaruhi otak kanan (biasanya berhubungan dengan seni/keterampilan). Pada hakikatnya kemampuan kedua bagian otak ini harus diseimbangkan guna memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri kita masing-masing.
Pada kesempatan ini akan saya bahas tentang pengaruh otak kanan terhadap kemampuan desain, ok langsung saja ke TKP. :)

DESAIN

Dilihat dari pengertiannya Desain adalah kecerdasan pikiran yang merupakan sebuah kombinasi antara utility (kegunaan) dan significance (makna) atau dapat diartikan sebagai kegunaan yang memiliki nilai lebih yang ditingkatkan dengan makna yang terkandung. Apabila kita perhatikan segala sesuatu yang tercipta, Baik yang berasal dari alam (diciptakan oleh Tuhan) maupun yang tercipta dari hasil olah tangan manusia tidak ada satupun yang lepas dari desain contoh seni arsitektur, taman, keindahan panorama, manusia atau rumah, perabot, gerabah semua barang-barang tersebut memiliki bentuk-bentuk yang terpola dengan keunikan masing-masing.

Untuk melatih kemampuan desain kita ada beberapa tips di antaranya:
  1. Mulailah kebiasaan lebih banyak memperhatikan sesuatu yang selama ini sering kita perhatikan seperti jalan, mobil, lukisan, gambar atau bahkan alat-alat rumah tangga seperti sendok, panic atau wajan berilah catatan kecil tentang desain dari barang-barang tersebut dan bayangkan bentuk dan desain alat-alat tersebut pada saat pertama kali diciptakan beri catatan dan penilaian juga kemungkinan pengembangan desain terhadap alat-alat tersebut.
  2. Perhatikan plakat, Iklan baliho atau sebuah surat kabar lihat huruf per huruf dan bayangkan apakah anda bisa menciptakan desain huruf yang lebih mudah dicerna atau kata-kata yang sangat simple dan hanya dilihat sepintas orang bias mengerti makna dari tulisan tersebut.
  3. Salurkan kejengkelan anda dan carilah sebanyak mungkin barang atau apa saja yang menurut anda desain barang tersebut sangat buruk, tulis dan catat gagasan-gagasan extreme anda untuk memperbaiki desain dari barang tersebut yang menurut anda agak sedikit gila tetapi mampu mengundang emosional orang lain untuk tertarik menilai atau melihat desain yang anda buat.
  4. Perbanyak melihat atau mengunjungi majalah-majalah desain atau situs-situs tentang desain, semakin banyak anda kungjungi dan baca maka semakin banyak konsep-konsep desain yang tertanam atau terkumpul dalam otak anda dan semakin banyak pula ide gila tentang desain yang akan anda ciptakan.
  5. Wujudkan ide gila anda dengan membuat desain yang jarang atau baru pertama kali dilihat tapi ingat desain yang anda buat harus memiliki beberapa syarat dan unsur untuk desain yang baik di antaranya :
    • Contras (berbedaan) buat garis, warna, bentuk, ruangan, ketebalan menjadi sangat berbeda dengan desain orang lain;
    • Repetition (pengulangan). Pengulangan unsur-unsur visual membantu mengembangkan pengaturan dan memperkuat kesatuan dari brosur, lukisan, laporan berkala, atau kepala surat anda;
    • Alignment (penjajaran) tidak ada yang di letakkan pada halaman, bentuk atau ruang secara sewenang-wenang, setiap unsur memiliki hubungan dengan unsur yang lain;
    • Proxymety (kedekatan) benda-benda yang saling berhubungan harus diletakkan secara berkelompok bersama-sama.
              ……………………………………….(Robin William)
  6. Jadilah orang pemilih, pilihlah barang, pakaian, atau apa saja sesuai dengan penilaian anda tentang desain barang tersebut jangan hiraukan penilaian orang, atau penilaian mode yang telah cukup tren sebab belum tentu sama dengan konsep desain pada diri anda..good luck :)
Baca juga :
Bagaimana Game Dapat Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris
Jakarta, di mata “saya”

1 komentar:

Komentarnya di tunggu. . .